Mencetak dari program berbasis DOS (Windows)

Masih pakai program berbasis DOS? Laptop/PC ga ada port LPT (36 pin)? Bingung gimana nge-print ke printer USB?

Nope, ini bukan ngomongin LPT2USB Adapter yang fungsinya menyambungkan printer jadul (umumnya Dot Matrix printer yang menggunakan pita) ke port usb (lihat gambar 1)

usb2paralel

Atau sebaliknya, USB2LPT reverse adapter untuk membuat printer usb bisa bekerja menggunakan port paralel (LPT) (gambar 2)

USB_PARALLEL_REVERSE_BIG

Tips berikut ini untuk mereka yang harus mencetak dari program berbasis DOS, sementara PC/Laptop yang digunakan tidak memiliki LPT/Paralel port. Seperti kita tahu, aplikasi DOS tidak memiliki akses untuk port USB, sehingga tidak memungkinkan untuk mencetak langsung ke printer yang menggunakan koneksi USB.

1. Menggunakan aplikasi DOS2USB (http://www.dos2usb.com/)

Aplikasi ini sangat bagus,  fungsinya menangkap perintah mencetak dari DOS untuk dialihkan ke printer berbasis Windows. Programnya bisa didownload gratis, sebagai demo bisa digunakan selama 15 hari atau untuk mencetak 100 halaman (mana yang lebih dulu). Untuk bisa terus menggunakan program ini, Lu orang bisa beli seharga USD $19.99 untuk 1 lisensi. Mahal? Ya iyalah… Denger-denger juga aplikasi ini udah ga di maintain lagi sama developernya, jadi website cuma online terus aja, ga terima order baru. Yah… paling-paling trus cari bajakannya kan?

2. Menggunakan fitur “NET USE” bawaan MS-DOS

Nah ini yang mau gue jelasin trik-nya. Trik yang cukup simple, bisa diandalkan, dan yang terutama juga, gratis!

Trik ini memanfaatkan fitur perintah “NET USE” yang merupakan sub-perintah dari “NET” di MS-DOS. Perintah ini memungkinkan pemetaan terhadap fitur file sharing dan printer sharing melalui Windows SMB share. Jadi untuk bisa digunakan, hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah membuat printer sharing dari printer yang akan digunakan. Sebagai contoh disini gue pakai printer EPSON LX-310 Dot Matrix yang menggunakan koneksi USB. Cukup klik kanan dan pilih “Printer Properties”, pilih tab “Sharing” dan centang pilihan “Share this printer” lalu beri nama yang mudah untuk diingat (disini gue kasi nama EPSONLX untuk memudahkan pengetikan).

image

Untuk memastikan printer sharing sudah tersedia, coba browsing ke network share PC lokal, karena hanya pakai 1 PC, bisa gunakan “localhost” atau PC name (klik kanan “My Computer” lalu pilih “Properties” untuk melihat computer name), atau bisa juga menggunakan IP “127.0.0.1” . Untuk mudahnya, membuka localhost share bisa menggunakan perintah “Run” (tombol Win+R) di Windows Start Menu (lihat gambar dibawah)

image

Apabila kemudian terbuka jendela Windows Explorer seperti ini, bisa dipastikan kalau printer sharing sudah siap

image

UPDATE: Apabila error, Explorer tidak mau membuka \\localhost atau \\127.0.0.1, penyebabnya bisa jadi karena komputer sama sekali tidak terhubung network apapun (Lan atau Wlan), untuk mengatasi ini perlu dibuat sebuah virtual network, ada beberapa cara yang akan saya jelaskan di postingan lain.

Langkah selanjutnya adalah memetakan (mapping) printer sharing untuk bisa digunakan oleh aplikasi DOS. Untuk itu gunakan MS-DOS Terminal, dari Start Menu – Run (atau tombol Win+R), jalankan program “CMD” atau DOS command prompt. Ketikkan perintah berikut (asumsi yang akan digunakan adalah port “LPT1” dan printer share menggunakan nama “EPSONLX”):

NET USE LPT1: \\LOCALHOST\EPSONLX /PERSISTENT:YES

Perintah ini akan memetakan port LPT1 untuk menggunakan printer EPSONLX yang ada di LOCALHOST. PERSISTENT untuk memastikan konfigurasi tetap digunakan meskipun komputer di restart atau login menggunakan user lain.

image

Untuk memastikan port mapping sudah benar, bisa gunakan perintah “NET USE”.

image

Selesai! Tinggal dicoba untuk print dari program/aplikasi DOS. Pastikan untuk menggunakan port 1 (LPT1) saat mencetak. Atau apabila parno dan gak yakin printer menggunakan port yang mana, buat mapping untuk LPT2 & LPT3 sekalian (max sampai LPT4)

Ini contoh aplikasi DOS yang dipakai dan memerlukan pencetakan, pilihan Printer Capture disini menandakan port yang digunakan untuk mencetak (1=LPT1, 2=LPT2, dst).

image

SELAMAT MENCOBA!

You may also like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.